Sehat Itu Murah dan Mudah


blog-sittakarina-sehat-itu-murah-dan-mudahSiapa bilang sehat itu mahal?

Menjadi sehat tidak identik dengan gaya hidup serba mahal.

Dan itu bisa dimulai dengan menyediakan power snack di rumah maupun tempat kerja.

Power snack pun bisa berupa makanan sederhana, namun bernutrisi tinggi. Pisang contohnya.

Alternatif lain, membuat kudapan pop corn yang isinya “rame” seperti resep berikut: beli popcorn siap saja di pasar swalayan, lalu tambahkan kacang tanah dan buah kering seperti kismis.

Atau bisa juga dengan menyediakan semangkuk low fat cheese dip yang diaduk dengan kismis dan brown sugar. Untuk dipper-nya, bisa berupa wortel yang diiris panjang dan tipis, tomat, apel, atau bahkan batang sawi.

Tadinya saya tidak percaya jargon sehat itu murah. Harus makan ikan salmon untuk penuhi kebutuhan protein dan asam omega-3. Rajin membuat smoothie dengan flax seed agar tubuh selalu mendapatkan asupan antioksidan. Semua bahan makanan itu bisa dibilang cukup mahal.

Baca juga: Ini Cara Hitung Berat Badan Ideal

Namun, siapa sangka kalau kandungan omega-3 pada ikan kembung ternyata jauh lebih banyak dari ikan salmon 😍 bahwa asupan antioksidan juga berlimpah pada brokoli.

Kita bisa hidup sehat dengan memanfaatkan kearifan lokal, tanpa harus menyantap ikan salmon maupun flax seed.

Lalu, apa lagi ya upaya-upaya sehat, murah, mudah lainnya?

1. Berjemur di bawah sinar matahari pagi

Kebiasaan ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.  Tanaman yang kurang cahaya matahari akan layu, begitu juga tubuh kita. Pastikan tubuh sudah memakai sunscreen sebelumnya. Here’s why.

2. Jalan cepat minimal 15 menit tiap hari

Kegiatan satu ini berguna untuk memompa metabolisme tubuh kita.

3. Tidur di malam hari selama 7 jam

Hidup sehat amat dipengaruhi oleh cara kita beristirahat. Jangan main-main dengan kebutuhan tidur kita, serta jangan ubah siang jadi malam – malam jadi siang dengan mensiasati waktu tidur demi bisa beraktivitas. Begadang, misalnya.

4. Minum jus buatan sendiri

Ganti jus instan dalam kemasan dengan jus ini. Jus kemasan ternyata memiliki kadar gula yang sangat tinggi. Kebanyakan minum ini tentu akan berpengaruh terhadap kesehatan kita dalam jangka panjang.

5. Makan secukupnya

Makan sesuai kebutuhan kalori harian yang dibagi antara 3x makan utama per harinya ditambah selingan/Bagaimana kita tahu kebutuhan kalori sesuai berat badan? Pertama-tama hitung BMI dulu, baru hitung total kebutuhan kalori harian kita sesuai jenis kelamin dan aktivitas sehari-hari..

6. Ganti soda dengan air putih

Percaya deh minuman manis satu ini nggak ada bagus-bagusnya sama sekali. Karena kadar gulanya tinggi (artifisial pula), kebanyakan konsumsi soda bukan hanya menyebabkan kegemukan namun juga penuaan dini dan penyakit “kelas kakap” seperti jantung, diabetes, dan kanker.

7. Jangan banyak duduk

Tahu kan kelamaan duduk memicu timbulnya berbagai penyakit degeneratif, seperti kanker, jantung, diabetes tipe 2, bahkan berujung pada kematian. Get active—just like toddlers 😉

Tapi ‘kan sekantong snack keripik kentang bahkan lebih murah daripada sebutir apel?

Nah, yang dimaksud dengan murah (apabila kita menjaga kesehatan dengan baik) adalah risiko terkena penyakit ganas akibat gaya hidup buruk saat muda lebih kecil.

Baru-baru ini saya mendengar cerita dari sepupu, bahwa ada anak dari kerabat keluarganya yang menderita hipertensi akibat pola makan tidak seimbang padahal usianya baru 4 tahun. Gosh!

Punya tips “sehat-murah-mudah” lainnya?

Yuk, berbagi di sini!

 

*) Feature image: heltenkelt



Leave a Comment

  • (will not be published)


3 Responses

  1. irma

    4 tahun? hipertensi? kasian sekali.. 🙁 emang susah ya dengan lifestyle instan yang banyak dan mudah didapat dimana-mana. berusaha makan lebih sehat sekarang

    Reply