3 Cara Menghemat Uang (dan Tetap Gaya!)


Blog Sittakarina - Cara Menghemat Uang dan Tetap Gaya

Gaji selalu habis dan tidak tersisa untuk penuhi lifestyle? Berarti ini saat yang tepat untuk melihat kembali kebiasaan spending kita selama ini. Bahkan, waktunya untuk mulai menerapkan cara menghemat uang yang tepat!

Secara nggak langsung kita belajar tips menghemat uang bulanan dari orangtua, tepatnya ibu. Saya ingat saat kuliah dulu, Ibu pernah menasihati agar dahulukan membeli barang sesuai skala prioritas. Lalu, Ibu juga mengingatkan agar tagihan kartu kredit harus selalu dilunasi tiap bulannya. Tidak boleh ngutang, kecuali buat beli rumah (jaman dulu belum banyak opsi membeli dengan cicilan 0% 😜😜). Dan yang terakhir, usahakan sisihkan gaji untuk kebutuhan di masa mendatang.

Dengan bekal nasihat keuangan seperti itu, setelah memiliki gaji sendiri, saya jadi nggak “terlalu” kalap walau lagi ada musim sale besar-besaran. Ujian sesungguhnya datang ketika saya melahirkan anak pertama. Kebutuhan keluarga mendadak berlipat. Segala cara hemat uang dalam rumah tangga kayaknya “mental” semua. Mesti tambal-sulam di sana-sini. Penghematan dalam tiap kesempatan. Apalagi, saat itu saya dan suami mesti ikut menyokong kebutuhan hidup orang tua masing-masing.

Di saat semua teman asyik traveling, saya dan suami menguatkan iman untuk menyisihkan penghasilan demi mencapai tujuan finansial satu per satu. Pengen punya kendaraan sendiri, rumah sendiri, dan tentunya cari sekolah yang sesuai dengan nilai kita sebagai keluarga.

Setelah mencoba beberapa cara berhemat dan menabung dalam kehidupan sehari-hari, akhirnya muncul 3 tips berikut yang sampai sekarang masih saya jalani:

1. Belanja kebutuhan pokok di akhir pekan
Nggak ada yang lebih menguntungkan dari belanja di waktu banyak barang terdiskon harganya! Dan waktu tersebut tak lain akhir pekan, yakni hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Pada hari Jumat pagi biasanya saya mengecek beberapa pasar swalayan terkemuka seperti Giant, Carrefour, Superindo, dan Hari Hari di katalogpromosi.com untuk melihat barang apa dengan diskon terbesar dan terbanyak. Sedikit bocoran: dari semua itu, biasanya Hari Hari yang paling murah!

Blog Sittakarina - Cara Menghemat Uang dan Tetap Gaya 2Foto: Priscilla Du Preez

2. Beli kupon atau voucher diskon untuk lifestyle
Ingin dining di resto mahal atau liburan 3D2N ke Lombok dengan harga miring? Coba rajin-rajin deh cek beragam promo kupon atau voucher yang memberikan diskon cukup besar. Beberapa pilihan saya adalah Fave by Groupon, Lakupon, dan EVoucher. Tinggal beli secara online, bayar (bisa melalui transfer bank maupun kartu kredit), lalu kupon tersebut siap digunakan. Yang harus diperhatikan saat membeli kupon adalah batas waktu pemakaiannya. Jangan sampai melebihi ya, agar kupon tersebut tidak hangus. Sayang banget ‘kan?

3. Berburu baju sisa ekspor
And this one is my most favorite value buying! Beli basics (kaos warna netral, celana khakiskemeja biru muda, sampai sport leggings) kini bisa dengan mudah dilakukan di outlet baju sisa ekspor (factory outlet), atau lebih praktis lagi, secara online  😍 Merk yang didapat juga OK. Sebut saja GAP, H&M, S. Oliver, dan lainnya. Sudah dapat barang bagus, harganya lebih murah pula. What’s not to love?!

Dengan memulai ketiga trik di atas, setidaknya kita jadi membiasakan diri untuk hidup irit dan minimalis, tapi tetap bisa ikuti keinginan-keinginan seputar lifestyle yang lagi tren saat itu.

Yang susah dilakukan adalah mengusahakan gaya hidup tetap sama ketika nominal gaji bertambah. Biasanya tanpa disadari standar gaya hidup pun ikut naik saat uang di tangan lebih banyak. Salah satu teman pernah bertanya, kalau tetap berhemat walau gaji sudah gede, lantas sisa gajinya dikemanain dong?

Buat investasi!

Dan perbesar persentase investasi kita dari waktu ke waktu.

Dengan melakukan ini, margin of safety kita dari sisi keuangan pun meningkat dan persiapan untuk hari tua jadi lebih terjamin. Yep, semua itu dimulai dari hal-hal kecil. Dengan membiasakan berhemat, tepatnya.

Nah, dari cara menghemat uang gaji di atas, kira-kira mana yang paling ingin kamu coba?

 

*) Feature image: Jeanne Damas


Tags: ,


Leave a Comment

  • (will not be published)

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


5 Responses

  1. Erica

    Some of your point is supporting fast fashion and that is not very wise my friend.

  2. Yuni – Nah, tips belanja mingguan itu emang emak-emak banget. Tapi, kalau dipikir-pikir, buat yang ngekos oke juga lho 😀

  3. Yuni

    Tipsnya simpel tapi ok. Belanja mingguan di akhir pekan itu mamaku banget kak 😆😆